Tugas Essay

Bagikan ke Teman! :


Hasil gambar untuk task



Soal.

1.       Jelaskan macam-macam layanan manajemen SI.
2.       Jelaskan dan sebutkan macam-macam teknologi manajemen SI, berikan contohnya!
3.       Sebutkan dan jelaskan strategi desain dalam merencang aplikasi manajemen layanan sistem informasi?
4.       Perlukah keamanan untuk manajemen layanan SI, berikan alasannya!
5.       Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk manajemen layanan SI dan SS dari masing-masing tampilan webnya ?

Jawaban.


1. Macam-macam Layanan Sistem Informasi:
  • ITIL (Information Technology Infrastructure Library)

Adalah Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi.
  • ASL (Application Service Library)
ASL adalah kepanjangan dari Application Service Library. Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.
  • COBIT (Control Objective For Information and Related Technology)

COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model.

2.  Macam-macam Teknologi Manajemen Sistem Informasi
  • Transaction Processing System (TPS)

(Transaction Processing System ) adalah siste informasi yang terkomputerisasi yang di kembangkan untuk memperoses data yang besar.banyak di gunakan oleh perusahaan besar untuk penggajian pegawai dan pencatatan inventarisasi, sistem informasi ini dapat mengasilkan laporan yang detail ke pada manajer dan dapat di gunakan untuk mengolah data seperti mengurutkan data, melihat data, mengupdata data dll.
  • Office Automation Sistem (OAS)

Dengan sistem informasi ini user/pemakai dapat saling terhubung dengan user lain dan di harapkan dapat memberikan kecepatan,keamanan, ketepatan dan produktivitas kerja yang lebih efisien.Sistem informasi ini menghubungakan user 1 dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah server untuk mengendalikan workstation dan peralatan lainnya.Melalui jaringan LAN dan Internet seorang user dapat berkomunikasi dengan user lain tanpa batas ruang dan waktu.
  • E-Banking

Dan yang terakhir adalah sistem informasi manajemen untuk perbankkan yaitu internet bangking atau sering di sebut  E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronis seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.

3. Strategi Desain Dalam Merancang Aplikasi Manajemen SI

**Strategi sebagai Perspective.
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan filosofi penyedia  layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
 **Strategi sebagai Position.
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
**Strategi sebagai Plan.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedialayanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan.
**Strategi sebagai Pattern.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan
               
Desain Aplikasi
Unik : Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain.
Komposisi : sebuah aplikasi selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya.
Simple : aplikasi yang berbasis web banyak yang menggunakan prinsip “Keep it Simple”, hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.
Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti.
Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.
Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama.Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi.

4. Di perlukan sekali, karena tanpa sistem keamanan pada aplikasi akan membuat data kita mudah di ambil orang sistem  kita di heck bahkan sampai mengakibatkan kerusakan aplikasi dan jika sudah rusak suatu instansi atau perusahaan yang menggunakan aplikasi tersebut akan mengalami kerugian besar di karenakan di ambil contoh perusahaan dagang jika harga barang telah di simpan dan di tetapkan by sistem aplikasi dan jika aplikasi tidak bisa di jalankan bisa saja perusahaan salah menetapkan harga dan mengalami kerugian apalagi jika apikasi di bagian bank. Keamanan sistem dimaksudkan untuk mencapai tiga tujuan utama yaitu; kerahasiaan, ketersediaan dan integritas.
1.      Kerahasian.   Setiap   organisasi   berusaha   melindungi   data   dan
         informasinya  dari  pengungkapan  kepada  pihak-pihak  yang  tidak
         berwenang.  Sistem  informasi  yang  perlu  mendapatkan  prioritas
         kerahasian yang tinggi mencakup; sistem informasi eksekutif, sistem 
         informasi kepagawaian (SDM), sistem informasi keuangan, dan sistem
         informasi pemanfaatan sumberdaya alam.
2.      Ketersediaan. Sistem dimaksudkan untuk selalu siap menyediakan data
         dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.
         Tujuan ini penting khususnya bagi sistem yang berorientasi informasi seperti SIM,             DSS dan sistem pakar (ES).
3.      Integritas. Semua sistem dan subsistem yang dibangun harus mampu
         memberikan gambaran yang lengkap dan akurat dari sistem fisik yang
         diwakilinya.

5.       Contoh Layanan Sistem Informasi Website & Mobile:

Versi Website:
BAAK Gunadarma


Dukcapil (Cek Nomer Induk Kependudukan)

Internet Banking BCA

Hasil gambar untuk internet banking bca


Versi Mobile:

BCA M-Banking
Hasil gambar untuk mobile banking bca


Mobile BPJS Kesehatan
Hasil gambar untuk mobile bpjs
     
KRL Access

Hasil gambar untuk krl access

Reff:


4.       https://fitrahadiarief.wordpress.com/2017/05/19/macam-macam-framework-manajemen-layanan-sistem-informasi-itil-asl-cobit/

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan