Tugas Essay

Soal.
1. Jelaskan
macam-macam layanan manajemen SI.
2. Jelaskan dan
sebutkan macam-macam teknologi manajemen SI, berikan contohnya!
3. Sebutkan dan
jelaskan strategi desain dalam merencang aplikasi manajemen layanan sistem
informasi?
4. Perlukah
keamanan untuk manajemen layanan SI, berikan alasannya!
5. Sebutkan
macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk manajemen layanan SI dan SS
dari masing-masing tampilan webnya ?
Jawaban.
1. Macam-macam Layanan Sistem Informasi:
- ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
Adalah Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan
infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi.
- ASL (Application Service Library)
- COBIT (Control Objective For Information and Related Technology)
COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT
digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT.
COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil
metrik, faktor kesuksesan dan maturity model.
2. Macam-macam Teknologi Manajemen Sistem Informasi
- Transaction Processing System (TPS)
(Transaction Processing System ) adalah siste informasi yang
terkomputerisasi yang di kembangkan untuk memperoses data yang besar.banyak di
gunakan oleh perusahaan besar untuk penggajian pegawai dan pencatatan
inventarisasi, sistem informasi ini dapat mengasilkan laporan yang detail ke
pada manajer dan dapat di gunakan untuk mengolah data seperti mengurutkan data,
melihat data, mengupdata data dll.
- Office Automation Sistem (OAS)
Dengan sistem informasi ini user/pemakai dapat saling
terhubung dengan user lain dan di harapkan dapat memberikan kecepatan,keamanan,
ketepatan dan produktivitas kerja yang lebih efisien.Sistem informasi ini
menghubungakan user 1 dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah server untuk
mengendalikan workstation dan peralatan lainnya.Melalui jaringan LAN dan
Internet seorang user dapat berkomunikasi dengan user lain tanpa batas ruang
dan waktu.
- E-Banking
Dan yang terakhir adalah sistem informasi manajemen untuk
perbankkan yaitu internet bangking atau sering di sebut E-banking
didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara
langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif.
E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun
bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan
informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk
internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronis
seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
3. Strategi Desain Dalam Merancang Aplikasi Manajemen SI
**Strategi
sebagai Perspective.
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan filosofi
penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
**Strategi sebagai
Position.
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia
layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau
harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
**Strategi
sebagai Plan.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang
menunjukkan bagaimana penyedialayanan IT akan bergerak maju dari di mana hari
ini menuju ke tujuan yang diinginkan.
**Strategi sebagai Pattern.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten
dalam mengambil keputusan
Desain Aplikasi
Unik : Dalam
membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru
atau menggunakan karya orang lain.
Komposisi :
sebuah aplikasi selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam
website yang dibuatnya.
Simple :
aplikasi yang berbasis web banyak yang menggunakan prinsip “Keep it Simple”,
hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga
informatif.
Semiotik :
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini
diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah
dan cepat mengerti.
Ergonomis : Web
Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal
kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website
tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca,
Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di
akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.
Fokus : Tentukan
hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus
besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang
berukuran hampir sama.Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai
Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan
terlihat disiplin dan rapi.
4. Di perlukan
sekali, karena tanpa sistem keamanan pada aplikasi akan membuat data kita mudah
di ambil orang sistem kita di heck bahkan sampai mengakibatkan
kerusakan aplikasi dan jika sudah rusak suatu instansi atau perusahaan yang
menggunakan aplikasi tersebut akan mengalami kerugian besar di karenakan di
ambil contoh perusahaan dagang jika harga barang telah di simpan dan di
tetapkan by sistem aplikasi dan jika aplikasi tidak bisa di jalankan bisa saja
perusahaan salah menetapkan harga dan mengalami kerugian apalagi jika apikasi
di bagian bank. Keamanan sistem dimaksudkan untuk mencapai tiga tujuan utama
yaitu; kerahasiaan, ketersediaan dan integritas.
1. Kerahasian. Setiap organisasi berusaha melindungi data dan
informasinya dari pengungkapan kepada pihak-pihak yang tidak
berwenang. Sistem informasi yang perlu mendapatkan prioritas
kerahasian yang tinggi
mencakup; sistem informasi eksekutif, sistem
informasi kepagawaian
(SDM), sistem informasi keuangan, dan sistem
informasi pemanfaatan
sumberdaya alam.
2. Ketersediaan. Sistem
dimaksudkan untuk selalu siap menyediakan data
dan informasi bagi mereka
yang berwenang untuk menggunakannya.
Tujuan ini penting
khususnya bagi sistem yang berorientasi informasi seperti SIM,
DSS dan sistem pakar (ES).
3. Integritas. Semua
sistem dan subsistem yang dibangun harus mampu
memberikan gambaran yang
lengkap dan akurat dari sistem fisik yang
diwakilinya.
5. Contoh Layanan Sistem Informasi Website & Mobile:
Versi Website:
Versi Website:
BAAK Gunadarma

Versi Mobile:
BCA M-Banking

Mobile BPJS
Kesehatan

KRL Access
Reff:
4. https://fitrahadiarief.wordpress.com/2017/05/19/macam-macam-framework-manajemen-layanan-sistem-informasi-itil-asl-cobit/
0 komentar — Skip ke Kotak Komentar
Posting Komentar — or Kembali ke Postingan